Kamis, 04 Agustus 2011

"Pemandangan Di Langit"

1. Nacreous Clouds


Awan langka ini, kadang-kadang disebut awan mother of pearl, tapi jarang sekali terlihat dan tak terlupakan . Mereka sebagian besar terlihat dua jam setelah matahari terbenam atau sebelum fajar .  Ketika suasana luar biasa cerah dan perlahan-lahan bergeser dengan warnawarni hidup . Mereka seperti lembaran yang sangat tipis perlahan keriting dan lurus , meregang dan memendek di langit semi-gelap . Dibandingkan dengan  awan gelap  rendah yang mungkin hadir , awan nacreous berdiri anggun di tempat yang hampir  sama .

Mereka ada pada ketinggian 15- 25 km ( 9 - 16 miles) di stratosfir dan di atas awan tropospheric .  Mereka begitu cerah setelah matahari terbenam dan sebelum fajar karena pada ketinggian itu , mereka masih diterangi matahari. awan ini mempunyai warna yang berwarna-warni tetapi adalah lebih tinggi dan lebih jarang dibanding awan berwarna-warni biasa. Mereka terlihat sebagian besar selama musim dingin di lintang tinggi seperti Skandinavia, Islandia, Alaska dan Kanada Utara. Kadang-kadang, juga, mereka terjadi jauh di selatan Inggris. Mereka dapat melawan arah angin di pegunungan. Di tempat lain penampilan mereka sering dikaitkan dengan angin troposfer berat dan badai.
Amazing Clouds    Not Photoshopped  amazing odd interesting funny nacreous1 200907232228514341



2. Mammatus Clouds

Mammatus adalah struktur awan yang seperti kantong dan contoh langka dari awan yang tenggelam diudara. Awan ini bentuknya sangat menyenangkan , awan mamatous ini tidak berbahaya dan bukan berarti tornado yang membentuk , ini adalah kesalahan pemahaman umum . Bahkan pada umumnya terlihat setelah terjadi badai berlalu .

Arus curah hujan membawa udara naik ke atas awan , ketika momentum ke atas hilang , udara mulai menyebar horizontalmenjadi bagian dari awan lainnya . Karena konsentrasi tinggi partikel presipitasi (es kristal dan tetesan air), udara jenuh lebih berat daripada udara sekitarnya dan tenggelam kembali ke bumi. 

Mammatus cukup lama di udara, karena dia memiliki bongkahan es yang besar dan  kristal salju sehingga memerlukan energi yang besar untuk terjadi penguapan . Seiring waktu , tetesan awan yang akhirnya menguap dan mammatus yang larut .


3. Altocumulus Castelanus

Juga dikenal dengan awan ubur-ubur karena bentuknya yang menyerupai ubur-ubur . 
Awan ini terbentuk sekitar 17,000 kaki ketika desakan udara yang lembab datang dari arus teluk dan terperangkap diantara lapisan udara kering . puncak awan berbentuk seperti ubur2 dan "tentakel" yang panjang yang dikenal dengan "trailing virga" terbentuk dari tetesan hujan yang menguap.



4. Noctilucent Clouds

Awan Noctilucent atau awan polar Mesopheric , awan yang menakjubkan ini terbentuk kira-kira pada ketinggian antara 820 km sampai dengan 102 km dari permukaan bumi , awan ini nampak seperti berkilauan karena awan ini memantulkan cahaya matahari dari sisi lain bumi pada malam hari, membuat awan ini nampak bersinar.


5. Mushroom Clouds
pasti udah pada tau, awan ini terbentuk karena efek dari ledakan nuklir. Mushroom coulds terjadi karena panas dalam jumlah besar menciptakan ketidakstabilan Rayleigh-Taylor. Massa gas meningkat pesat, sehingga vortisitas turbulen keriting ke bawah di sekitar tepi tersebut dan merancang sebuah kolom tambahan asap dan puing-puing di tengah untuk bentuk"batang". Massa gas akhirnya mencapai ketinggian di mana ia tidak lagi kurang padat dibandingkan udara sekitarnya dan menyebar, puing-puing ditarik ke atas dari tanah hamburan dan melayang kembali.



6. Cirrus Kelvin-Helmholtz
terbentuk sebagai pilinan awan horisontal langsing, awan tipis Kelvin-Helmholtz adalah salah satu dari formasi awan yang paling berbeda, Bagaimanapun, awan ini akan menghilang hanya satu atau dua menit setelah pembentukan dan, sebagai hasilnya, awan ini jarang diamati. Rata-Rata pada ketinggian sekitar 16,500 kaki.

7. Lenticular Clouds
Awan Lentikular, adalah awan yang berbentuk seperti lensa yang terbentuk pada ketinggian yang tinggi, biasanya
searah dengan arah angin.

8. Roll Clouds
awan gulung adalah awan yang rendah, berbentuk tabung harisontal yang berhubungan dengan hembusan badai, roll cloud dapat juga menjadi pertanda dari aktivitas microbrust.

9. Shelf Clouds
awan rendah yang berbentuk seperti irisan horisontal, dihubungkan dengan awal dari badai (atau adakalanya dengan hawa dingin bahkan dalam tidak adanya badai), gerakan awan yang naik sering dapat dilihat di bagian terluar dari awan ini, sedang bagian bawah sering nampak bergolak, mendidih, dan angin basah.


10. Stratocumulus Clouds
menurut Sapporo Meteorological Observatory, awan stratocumulus pada ketinggian rendah ini bergulung seperti pita-pita yang panjang setelah terperangkap di udara,
 

 

Beberapa fenomana penampakan awan yang aneh dan unik.













 
Beberapa fenomana penampakan awan yang aneh dan unik ;


a335_c8 






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar